Lompat ke isi utama

Berita

Puadi: “Bawaslu Berkomitmen Menjaga Keamanan Sistem Informasi Dan Menjamin Keterbukaan Informasi Kepada Publik”

Pembukaan Acara Komitmen Keterbukaan Sistem Informasi Publik Bawaslu

Tangerang - Bawaslu Kota Probolinggo menghadiri Rapat koordinasi Penguatan Keamanan Siber dan Keterbukaan Informasi Bawaslu di Hotel Novotel Tangerang Tangcity pada Rabu-Jumat tanggal 4-6 September 2024. Kegiatan yang digelar Bawaslu Republik Indonesia ini mengundang Anggota Bawaslu Provinsi divisi Humas beserta Kasek serta Anggota Bawaslu Kabupaten dan Kota divisi Datin seluruh Indonesia.

Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu) RI menyoroti pentingnya penguatan keamanan siber dalam konteks penyelenggaraan pemilu, mengingat semakin meningkatnya ancaman siber yang dapat mengganggu proses demokrasi. Hal itu disampaikan Anggota Bawaslu RI Puadi saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Data dan Informasi Tahun 2024 

"Keamanan siber bukan lagi menjadi pilihan, tetapi merupakan keharusan dalam memastikan integritas dan transparansi data pemilu," kata Puadi yang juga menjabat sebagai Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data, dan Informasi.

Menurut Puadi, Bawaslu berkomitmen untuk terus meningkatkan upaya dalam menjaga keamanan sistem informasi, sekaligus menjamin keterbukaan informasi kepada publik.

Puadi juga menekankan bahwa keterbukaan informasi adalah kunci utama dalam membangun kepercayaan publik terhadap proses pemilu.

"Transparansi adalah fondasi dari demokrasi yang sehat, melalui keterbukaan informasi, kita dapat mencegah berbagai bentuk disinformasi dan misinformasi yang dapat merusak kredibilitas pemilu.” Tutupnya. (Yeni/Humas)

Penulis: Yeni

Editor: Ivone