Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Probolinggo Perketat Pengawasan di Hari Terakhir Pendaftaran Calon Wali Kota, Mengapa?

Tim Pengawas Jaga Ketat Seluruh Proses Pendaftaran pada Kamis (29/8)

Tim Pengawas Jaga Ketat Seluruh Proses Pendaftaran pada Kamis (29/8)

Kota Probolinggo - Pada tahapan pendaftaran bakal pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Probolinggo yang dimulai dari tanggal 27-29 Agustus 2024, Bawaslu Kota Probolinggo melakukan pengawasan ketat terhadap seluruh proses pendaftaran. Pengawasan ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua tahapan berjalan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pengawasan yang dilakukan di hari akhir yakni pada tanggal 29 Agustus 2024 hingga pukul 23.59 WIB di Kantor KPU Kota Probolinggo.

Diketahui pada hari pertama dan kedua tidak ada pendaftar. Namun pada hari terakhir, terdapat 4 pasangan calon sekaligus yang mendaftar. Bawaslu menurunkan dua tim pengawas yang bertugas memantau seluruh rangkaian kegiatan, mulai dari kedatangan bakal pasangan calon, pemeriksaan berkas administrasi, penandatanganan berita acara, penerimaan berkas pendaftaran dan proses pemeriksaan kesehatan. Tim Pengawas terdiri dari Ketua beserta anggota dan staf sekretariat yakni, Johan Dwi Angga, Putut Gunawarman Fitrianta, Ade Nurwahyudi, Wadud Wahidul Bays, Dardy Dwi Nugroho, Ahmad Hasan, Feri Rahmawati dan Ivone Rizky Amelia.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa sekaligus Penanggung Jawab Tim Fasilitasi Tahapan Pencalonan Walikota dan Wakil Walikota Ade Nurwahyudi, menegaskan pentingnya pengawasan pada hari terakhir ini untuk menjaga kondusifitas dalam proses pendaftaran. "Kami memastikan hingga hari terakhir pendaftaran, seluruh proses berjalan tanpa adanya pelanggaran, baik dari segi administrasi maupun aturan lainnya. Jika ditemukan indikasi pelanggaran, kami akan segera menindaklanjuti sesuai dengan prosedur yang berlaku," ujarnya.

Total ada empat pasangan calon yang mendaftar, dengan rincian pendaftar pertama pasangan Aminudin-Ina Bukhori pada pukul 11.00 WIB yang diusung dari partai Gerindra dan Nasdem, dilanjutkan pasangan Fernanda-Zabut pada pukul 15.00 WIB yang diusung partai Golkar, kemudian disusul pasangan Habib Hadi-Zainal pada pukul 19.00 WIB yang diusung oleh Partai PKB,PPP dan PKS dan yang terakhir pasangan Sri Setyo Pertiwi-M. Rachman pada pukul 22.00 WIB yang diusung partai PDIP.

Tim Pengawas Tampak Serius Berdiskusi pada Saat Proses Pendaftaran Berlangsung

Sebagai informasi, seluruh dokumen pendaftaran dari keempat pasangan calon dinyatakan lengkap dan diterima, serta mereka telah diberikan surat pengantar untuk menjalani pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan untuk keempat pasangan calon dilakukan pada tanggal 31 Agustus-1 September 2024 di Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya. (Ivone/Humas)

Penulis: Ivone Rizky Amelia

Editor: Ade Nurwahyudi