Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Probolinggo Lakukan Pengawasan Pemeriksaan Kesehatan Paslon

Tim Pengawas Kota Probolinggo, Tampak Ade Nurwahyudi dan Putut Gunawarman Fitrianta Diantara staf Sekretariat Bawaslu Kota Probolinggo

Tim Pengawas Kota Probolinggo, Tampak Ade Nurwahyudi dan Putut Gunawarman Fitrianta Diantara staf Sekretariat Bawaslu Kota Probolinggo

Kota Probolinggo – Senin (2/9) - Bawaslu Kota Probolinggo telah melakukan pengawasan langsung dalam tahapan pemeriksaan kesehatan pasangan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota dalam Pilkada serentak tahun 2024 di RS Dr. Soetomo Surabaya pada 31 Agustus-1 September 2024. Tim Pengawas Kota Probolinggo yakni Ade Nurwahyudi dan Putut Gunawarman Fitrianta serta sejumlah staf sekretariat yang turut mendampingi.

Sebanyak 4 pasangan calon (paslon)yang mendaftar di KPU Kota Probolinggo mengikuti tahapan pemeriksaan kesehatan yakni pasangan Aminudin-Ina Bukhori, Fernanda-Zabut, Habib Hadi-Zainal dan Ning Tiwi-M.Rachman.

Selama proses pemeriksaan kesehatan hanya paslon yang diperbolehkan masuk karena protap kesehatan yang terbatas. Sejumlah tim pengawas berada di RS Dr. Soetomo Surabaya melakukan pengawasan secara intensif guna memastikan seluruh proses pemeriksaan sesuai prosedur yang ditentukan oleh KPU, meskipun hanya mengawasi  di batas pintu masuk dan area Lobby rumah sakit saja.

Putut Mengawasi Daftar Hadir para Paslon

Pembukaan pada hari Sabtu 31 Agustus 2024 dari tim RS Dr. Soetomo Surabaya. Hadir KPU Provinsi Jatim Aang Kunaefi. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwasannya tes kesehatan yang dilakukan salah satunya  untuk dapat mendeteksi penyalahgunaan narkoba. Beliau berharap kerja sama dengan rumah sakit dapat dikolaborasikan selalu demi suksesnya Pilkada 2024. Kemudian beliau juga mengimbau kepada semua yang hadir untuk dapat menjaga dari kebisingan dan kondusifitas rumah sakit selama kegiatan berlangsung.

Pada kesempatan yang sama pula Direktur Rumah Sakit Dr. Soetomo memberikan informasi dimana gelombang 2 ini ada 76 paslon,121 tenaga medis dan 17 bidang keilmuan. Ada 2 jenis pemeriksaan yakni fisik dan kejiwaan, yang dilaksanakan kurang lebih 12 jam.

Ade Mengawasi salah satu Paslon Saat Melakukan Registrasi Bersama KPU Kota Probolinggo

Sebagai informasi, agenda lanjutan pada hari ini adalah penyerahan dan penandatanganan Berita Acara Hasil Pemeriksaan Kesehatan Cakada dan Cawakada Pilkada 2024 bertempat di Ruang Loka Widya RSUD Dr. Soetomo Surabaya. (Ivone/Humas)