Lompat ke isi utama

Berita

KPU Kota Probolinggo Tetapkan 30 Anggota DPRD Terpilih Pemilu 2024

KPU serahkan Salinan Keputusan Penetapan Alokasi Kursi dan Calon Terpilih DPRD Kota Probolinggo Periode 2024-2029

Probolinggo – Seusainya tahapan penetapan calon presiden dan wakil presiden pada tanggal 24 April 2024 oleh KPU RI, kini masuk pada penetapan calon anggota DPRD Kabupaten/Kota terpilih pada Pemilihan Umum Serentak 2024 di Kota Probolinggo. KPU Kota Probolinggo mengadakan Rapat Pleno Terbuka Penetapan Kursi dan Calon Terpilih serta Sosialisasi Hasil Pemilu Tahun 2024 di Orin Hall and Resto Probolinggo Kamis (2/5). 

KPU Kota Probolinggo secara resmi mengumumkan perolehan kursi dan caleg terpilih pada Pemilu 2024. Terdapat 30 kursi di DPRD Kota Probolinggo yang tersebar pada 5 (lima) Daerah Pemilihan (Dapil) berdasarkan Keputusan KPU Kota Probolinggo Nomor 136 Tahun 2024 tentang Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Probolinggo dalam Pemilihan Umum Tahun 2024. Sementara penetapan calon terpilih berdasarkan Keputusan KPU Kota Probolinggo Nomor 137 Tahun 2024 tentang Penetapan Calon Terpilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Probolinggo dalam Pemilihan Umum Tahun 2024

Daerah Pemilihan (Dapil) Kota Probolinggo terbagi dalam 5 daerah yakni Kecamatan Kanigaran (Dapil 1) sebanyak 8 Kursi dengan suara sah terbanyak oleh Partai Golkar yaitu 9.028, Kecamatan Mayangan (Dapil 2) sebanyak 8 kursi dengan suara sah terbanyak oleh Partai Golkar yaitu 7.919, Kecamatan Wonoasih (Dapil 3) sebanyak 4 Kursi dengan suara sah terbanyak oleh Partai Kebangkitan Bangsa yaitu. 4.741, Kecamatan Kedopok (Dapil 4) sebanyak 5 kursi dengan suara sah terbanyak oleh Partai Golkar yaitu 5.060 dan yang terakhir Kecamatan Kademangan (Dapil 5) sebanyak 5 kursi dengan suara sah terbanyak oleh PDIP yaitu 6.447.

Ditemui setelah kegiatan, Ketua Bawaslu Kota Probolinggo Johan Dwi Angga mengucapkan selamat kepada seluruh anggota DPRD Kota Probolinggo terpilih. Menurutnya, anggota Legislatif merupakan mitra kerja Pemerintah Kota untuk mewujudkan pemerintahan yang semakin maju. “Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Probolinggo serta seluruh stakeholder yang telah mewujudkan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, serta anggota Legislatif di Kota Ptrobolinggo yang aman, damai, dan kondusif. Mari kita untuk kedepan sukseskan Bersama Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Probolinggo pada Pilkada nanti,” tutup pria asli putra daerah ini.

Diketahui hadir dalam acara tersebut dari jajaran Forkopimda, Bawaslu, Camat, Lurah, Perwakilan Partai Politik, Tokoh Masyarakat dan Organisasi Kepemudaan di kota Probolinggo. (Ivone/Humas)

Foto bersama KPU dan Bawaslu Kota Probolinggo

Penulis : Ivone

Editor : Johan Dwi Angga