1

Pertajam Pemahaman Hukum, Bawaslu Kota Probolinggo Lakukan Pelatihan Penyusunan Legal Drafting dan Legal Opini

Probolinggo – Untuk memperkaya pemahaman hukum, Pimpinan  Bawaslu Kota Probolinggo adakan pelatihan penyusunan  Legal Drafting dan Penyusunan Legal Opini diperuntukkan bagi staf teknis, pada Kamis (21/04/2022)  di Media Center Kantor Bawaslu Kota Probolinggo Jl. Dr. Shaleh 55, Kota Probolinggo.

Pelatihan diikuti oleh seluruh jajaran Sekretariat Bawaslu Kota Probolinggo dan dibuka oleh Ketua, Azam Fikri yang didampingi anggota Samsun Ninilouw dan Ilmiyah serta Koordinator Sekretariat Budi Bachruddin Setiawan.

Azam Fikri dalam sambutannya, mengajak seluruh jajaran untuk mengikuti  pelatihan secara cermat dan serius. Harapannya setiap personil dapat menambah pemahaman hukum terkait cara penyusunan peraturan perundangan (legal drafting), dan penyusunan pendapat hukum (legal opini) khususnya Rancangan Naskah MoU, kemudian semua mampu merancangnya.

Pemateri Samsun Ninilouw Koordinator Divisi Hukum Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa menegaskan bahwa Bawaslu sebagai penegak hukum Pemilu dituntut untuk memiliki pemahaman yang cukup terkait ilmu hukum dan penerapannya. Dalam menjalankan fungsinya, Bawaslu diberi wewenang untuk menetapkan sebuah putusan yang bersifat final dan mengikat. Untuk itu, Bawaslu harus mampu membuat sebuah pandangan berdasarkan hukum atau legal opinion dan peraturan perundangan atau legal drafting.

“Untuk dapat membuat sebuah pendapat hukum dan peraturan perundangan, komisioner harus   memahami terdahulu sebuah peristiwa atau aturan hukum yang ditangani, misalkan dalam membuat  Perjanjian MoU, maka Komisioner mutlak memahami isinya yang kemudian dapat dilaksanakan oleh kedua belah pihak sebagai bentuk tindak lanjut,” Pungkasnya.

Selanjutnya, Samsun memaparkan teknis keterampilan menyusun legal drafting/Mou yang disesuaikan dengan Perbawaslu no 13 tahun 2020.

Sebagai Informasi, Kegiatan Pelatihan juga diisi acara KPU-Bawaslu Probolinggo Talk episode ke 5 yang diadakan di Aula Kantor  KPU Kota Probolinggo sebagai tuan rumah yang dilaksanakan secara Webinar. Episode kali ini mengangkat tema “Penegakan Hukum dan Penguatan Pengawasan Partisipatif Pemilu- Pemilihan Serentak 2024 dimana Samsun Ninilouw menjadi Narasumber dalam acara ini. (IRA/Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Alamat Surat

Alamat

Jl. Dr. Saleh No 55, Kel. Sukabumi, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur 67219.

Instagram

BAWASLU KOTA PROBOLINGGO

Selengkapnya

BAWASLU KOTA PROBOLINGGO

Selengkapnya

BAWASLU KOTA PROBOLINGGO

Selengkapnya

Email

bawaslukotaprobolinggo@gmail.com

Telepon/Hp (WhatsApp)

085218102626

Twitter

probolinggokotabawaslu

Facebook Fanspage

©Bawaslu Kota Probolinggo 2020