1

Nurlia Dian Paramitha : Strategi Pendidikan Pemilih Pada Kelompok Rentan Covid-19

probolinggokota.bawaslu.go.id –  Senin (11/5/2020) Tadarus Pengawasan yang diadakan oleh Bawaslu RI tetap konsisten di ikuti oleh Bawaslu Kota Probolinggo. Kesempatan kali ini Bawaslu RI menghadirkan Nurlia Dian Paramitha (JPPR) dengan mengangkat tema Strategi Pendidikan Pemilih pada Kelompok Rentan Covid-19 yang mana acara ini di ikuti oleh Staff Divisi Pengawasan Bawaslu Kota Probolinggo.

Nurlia pada kesempatan tersebut menjelaskan bahwa setiap warga negara dijamin hak pilihnya oleh Negara.

“Esensi pemilu merupakan mekanisme untuk membentuk organ negara, terutama organ pembentuk hukum yang akan menjadi dasar penyelenggaraan Pemerintah Negara. Pemilu menjamin setiap hak individu untuk bebas sesuai kehendak hati nurani guna menentukan pilihan siapa yang akan dipilih.” Ungkapnya Via Online Youtube.

Dia juga menambahkan bahwa partisipasi politik merupakan proses keterlibatan Warga Negara dalam rangka ikut menentukan kebijakan umum, Penentuan Penguasa Politik dan Pembagian Kekuasaan dalam masyarakat baik langsung atau tidak langsung. Dengan Partisipasi politik ini akan menjadikan keterbukaan kelembagaan, akses informasi, mendorong pertanggungjawaban kepemimpinan baik Daerah maupun Nasional.

Lebih jelas menurut Nurlia urgensi pendidikan pemilih terdiri dari pengungsi, pekerja migran, perempuan, penyandang disabilitas, pemilih pemula, masyarakat adat, orang yang memiliki problem kependudukan. Karakter yang melekat pada kelompok ini adalah kerawanan diri terhadap serangan, kecelakaan, gangguan jasmani dan rohani kondisi kelompok rentan dalam pemilu itu misalnya pekerja migran tidak berkoordinasi dengan kedutaan, TPS tidak ada akses atau alat bantu bagi penyandang disabilitas.

Di akhir sesi ia menyebut “Kelompok rentan menjadi target utama dalam pendidikan pemilih dan terus didorong untuk berpartisipasi dalam penyelengaraan dan pengawasan pemilu.” Tutupnya pada acara Tadarus Pengawasan tersebut. (Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Alamat Surat

Alamat

Jl. Ahmad Yani No.35, Kel. Sukabumi, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur 67219.

Instagram

BAWASLU KOTA PROBOLINGGO

Selengkapnya

BAWASLU KOTA PROBOLINGGO

Selengkapnya

BAWASLU KOTA PROBOLINGGO

Selengkapnya

Email

085218102626

Telepon/Hp (WhatsApp)

bawaslukotaprobolinggo@gmail.com

Twitter

probolinggokotabawaslu

Facebook Fanspage

©Bawaslu Kota Probolinggo 2020