1

Ngabuburit Season 4 : Bawaslu Targetkan Sebagai Patokan Media Pemilu

probolinggokota.bawaslu.go.id – Rabu (20/5/2020), Bawaslu Jawa Timur Divisi Kehumasan kembali mengadakan ngabuburit online seri terahir Ramadhan. Acara yang bertema Tekhnik Menulis Berita di Media Online yang menghadirkan Angga Ulung Trenggana (Asisten Redaktur rmol.id) sebagai narasumber. Di ikuti Oleh PJ Kehumasan Bawaslu Kabupaten/Kota Se-Jatim dan Staff Divisi Humas. Bawaslu Kota Probolinggo di ikuti oleh PJ Kehumasan Ilmiyah dan Staff Humas Ahmad Hasan.

Ngabuburit Online kali ini menjadi yang terakhir dilaksanakan di bulan ramadhan. Tapi, Nur Ellya Anggraeni selaku Kordiv Humas dan Hubal Bawaslu Jatim menyampaikan tidak perlu khawatir, karena akan ada agenda selanjutnya.

“Kedepannya akan banyak pelatihan yang menemani sahabat Humas dalam melatih keterampilan di bidang jurnalistik. Hal ini seharusnya menjadi rakor langsung, namun di masa pandemi ini kita harus memaksimalkan kinerja ditengah keterbatasan pertemuan.” ungkap Elly dalam sambutan pembukaan.

Elly menyampaikan tujuan dalam menulis berita di Media Online diperlukan kecermatan pengelolaan akses  Daring Online. Dengan pelatihan pengelolaan Media Online diharapkan dapat membuat media Bawaslu Jatim menjadi sarana rujukan jurnalis di luar Bawaslu untuk mendapatkan informasi.

Dalam kesempatan itu Angga Unggul Tranggana Jurnalis sekaligus narasumber kali ini. Dalam paparannya dia menyampaikan tentang target diskusi untuk menjadikan Bawaslu sebagai  patokan media pengawasan pemilu khususnya pada portal website bawaslu.go.id. Sehingga penting bagi  Kehumasan untuk mengerti dan membangun sudut pandang yang tidak hanya sekedar membuat berita.

“Kita harus yakin dalam mengelola portal sebagai ibadah Demokrasi. Khususnya pengelolaan pada website Bawaslu atau Bawaslu di Kabupaten/Kota agar menjadi patokan media pengawasan pemilu.” ungkapnya.

Angga juga menambahkan bahwa media Bawaslu se-Jawa Timur dapat menjadi platform terpusat dengan syarat harus transparan, responsif dengan mengutamakan informasi yang akurat. Selain itu bekerja fleksibel dan kreatif.

Lebih jelas menurut Angga Media Online tidak hanya sekedar menulis lalu mengungah berita dalam portal. Namun ada tugas lain dibalik layar agar menjadikan berita tersebut sebagai jejak digital yang bagus untuk lembaga.

“Tidak hanya itu, kita sendiri wajib membandingkan dan sering mengunjungi portal media online di luar Bawaslu. Bukan sebagai tindakan plagiasi, namun sebagai pembanding manakala di portal lain memiliki fitur serta pengemasan berita yang lebih efisien dan menarik.” Jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Alamat Surat

Alamat

Jl. Ahmad Yani No.35, Kel. Sukabumi, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur 67219.

Instagram

BAWASLU KOTA PROBOLINGGO

Selengkapnya

BAWASLU KOTA PROBOLINGGO

Selengkapnya

BAWASLU KOTA PROBOLINGGO

Selengkapnya

Email

085218102626

Telepon/Hp (WhatsApp)

bawaslukotaprobolinggo@gmail.com

Twitter

probolinggokotabawaslu

Facebook Fanspage

©Bawaslu Kota Probolinggo 2020