1

Masyarakat Berhak Tau Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan

Probolinggo – KPU Kota Probolinggo melaksanakan Rapat Koordinasi Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (PDPB) bulan April 2021 pada hari Rabu (28/4).. Rapat koordinasi dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh Bawaslu, perwakilan partai politik, Dispendukcapil, Bakesbangpol,  serta dari unsur TNI dan POLRI.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kota Probolinggo Ahmad Hudri mengungkapkan, “Pemutakhiran Daftar Pemilih yang dilakukan secara mandiri di MPP mengalami peningkatan, perhari ini didapatkan data sebanyak 200 pemilih baru, namun setelah diverifikasi terdapat 7 orang yang sudah tercatat dalam DPT pemilu sehingga ditetapkan 193 orang yang didata sebagai potensi pemilih baru,”ujarnya.

Menurutnya, KPU Kota Probolinggo terus mencari terobosan dalam mensosialisasikan kepada terkait  tahapan penyelenggaraan pemilihan. Salah satunya dengan melakukan kunjungan ke kantor partai politik yang dikemas dalam silahturahmi politik

Sementara itu, Anggota KPU Kota Probolinggo Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi Muhammad Derajad membacakan BA Nomor: 29/PL.02.1-BA/3574/KPU.Kota/IV/2021, bahwa total jumlah pemilih sebanyak 167.619, dengan rincian pemilih laki-laki 81.611 dan pemilih perempuan 86.008. Ada penambahan 193 pemilih bila dibandingkan dengan bulan Maret.

Ketua Bawaslu Kota Probolinggo Azam Fikri dalam tanggapannya mengingatkan perubahan SE KPU No. 132/PL.02-SD/01/KPU/II/2021 perihal yang pada salah satu klausulnya mengatur selain menyampaikan hasil rekapitulasi, KPU berkewajiban mengumumkan rekapitulasi tentang DPB setiap bulan dipapan pengumuman dana tau medsos lainnya. Terkait potensi pemilih pemula KPU cukup signifikan akan tetapi data TMS yang terdiri dari beberapa variable diantaranya data penduduk pindah domisili, meninggal, dan ganda yang masih kosong  (nol) hal ini menunjukkan upaya KPU yang belum maksimal. Perlu dilakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk mencari solusi bersama terkait kendala dalam memperoleh data ini.  (IRA/Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Alamat Surat

Alamat

Jl. Dr. Saleh No 55, Kel. Sukabumi, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur 67219.

Instagram

BAWASLU KOTA PROBOLINGGO

Selengkapnya

BAWASLU KOTA PROBOLINGGO

Selengkapnya

BAWASLU KOTA PROBOLINGGO

Selengkapnya

Email

bawaslukotaprobolinggo@gmail.com

Telepon/Hp (WhatsApp)

085218102626

Twitter

probolinggokotabawaslu

Facebook Fanspage

©Bawaslu Kota Probolinggo 2020