1

Evaluasi Tingkat Partisipasi masyarakat, Bawaslu Kota Probolinggo Tengok Pojok Pengawasan di Perpustakaan

Probolinggo – Pojok Pengawasan merupakan salah satu program dari Bawaslu berupa media informasi mengenai seluruh aktivitas kepemiluan, khususnya pengawasan, sekaligus menjadi sebuah ruang terbuka bagi semua masyarakat yang berinisiatif melakukan pengawasan partisipatif. Buku-buku yang tersedia tidak hanya  pengawasan pemilu, tetapi juga tersedia mengenai pencegahan pelanggaran pemilu, penindakan pelanggaran pemilu, maupun penanganan sengketa proses pemilu. Melalui pojok pengawasan, masyarakat sipil dari setiap golongan, baik pemilih awam, pegiat pemilu, partai politik, dan lembaga pemangku kepentingan pengawasan pemilu dapat mengaksesnya.

Selain menampilkan informasi berupa buku-buku terkait kepemiluan sebagai sarana edukasi masyarakat, Pojok Pengawasan juga menjadi tempat diskusi mengenai pengawasan Pemilu. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Tri Setiyo Anggodo selaku Kasie Pengelolaan ketika ditemui oleh Koordinator Sekretariat Bawaslu Kota Probolinggo beserta staf di Perpustakaan Kota Probolinggo pada Senin, (24/5), “Lumayan banyak juga masyarakat yang antusias mengunjungi stand pojok pengawasan untuk mengetahui seluk beluk pemilu terutama pemilu 2019 lalu. Paling banyak berasal dari kalangan mahasiswa yang digunakan untuk diskusi pembelajaran maupun keperluan penelitian” ujarnya.

Selanjutnya, Beliau meminta Bawaslu untuk dapat  meng-update koleksi buku-buku yang ada agar dapat menjawab informasi yang dibutuhkan masyarakat secara continue dan dapat dioptimalkan. Seperti yang diketahui bersama Stand Pojok Pengawasan Bawaslu Kota Probolinggo yang berada di Perpustakaan berdiri sejak 4 November 2020. Dengan pemanfaatan pojok pengawasan ini, diharapkan semakin banyak masyarakat yang terlibat dalam pengawasan pemilu. Dengan demikian semakin pula potensi pelanggaran dapat ditekan dan semakin kecil kecurangan penyelenggaraan pemilu. (IRA/Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Alamat Surat

Alamat

Jl. Dr. Saleh No 55, Kel. Sukabumi, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur 67219.

Instagram

BAWASLU KOTA PROBOLINGGO

Selengkapnya

BAWASLU KOTA PROBOLINGGO

Selengkapnya

BAWASLU KOTA PROBOLINGGO

Selengkapnya

Email

bawaslukotaprobolinggo@gmail.com

Telepon/Hp (WhatsApp)

085218102626

Twitter

probolinggokotabawaslu

Facebook Fanspage

©Bawaslu Kota Probolinggo 2020