1

Demokrasi, Pemilu dan Partisipasi Masyarakat

Siti Rakhmah saat memberikan materi tadarus pengawasan

probolinggokota.bawaslu.go.id – Tadarus Pengawasan sepanjang bulan ramadhan yang dilaksanakan oleh bawaslu RI senantiasa di ikuti oleh Bawaslu Kota Probolinggo, hal ini dilakukan untuk memberikan edukasi dan pembelajaran kepada masyarakat. Ini dapat di lakukan dengan melihat berita yang di buat oleh bawaslu di masing-masing kabupaten/kota. Pada kesempatan kali ini menjadi narasumber adalah Sitti Rakhmah (Bawaslu DKI Jakarta). Kegiatan ini di ikuti oleh Staff Divisi Pengawasan.

Sitti Rakhmah dalam paparannya menjelaskan bahwa perlu adanya peran masyarakat untuk melengkapi tatanan demokrasi.

“Peranan masyarakat dalam tahapan pemilu sangat dibutuhkannya masukan terkait perencanaan program dan anggaran agar efektif dan efisien, penyusunan peraturan pelaksanaan undang-undang melalui uji publik.” Ungkapnya Via Daring.

Selain itu dia juga menambahkan agar masyarakat memastikan diri, keluarga dan warga setempat memenuhi syarat terdaftar dalam DPS dan DPT, yang tidak berhak memilih dicoret dari DPS dan DPT, dibawah 17 tahun/belum menikah, ganda/pindah domisili dan WNA serta anggota TNI/Polri.

Dia juga berharap agar masyarakat memberi masukan terhadap kredibilitas calon yang meliputi syarat administrasi, dukungan pencalonan perseorangan DPP, caleg mantan terpidana atau bukan dan masyarakat melaporkan segala bentuk pelanggaran di tiap tahapan pemilu seperti pada tahapan kampanye, pelaporan dana kampanye, masa tenang, dan pelanggaran pada masa pemungutan dan penghitungan suara serta aktif menjadi pemantau pemilihan baik pemilu maupun pilkada. (Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Alamat Surat

Alamat

Jl. Ahmad Yani No.35, Kel. Sukabumi, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur 67219.

Instagram

BAWASLU KOTA PROBOLINGGO

Selengkapnya

BAWASLU KOTA PROBOLINGGO

Selengkapnya

BAWASLU KOTA PROBOLINGGO

Selengkapnya

Email

085218102626

Telepon/Hp (WhatsApp)

bawaslukotaprobolinggo@gmail.com

Twitter

probolinggokotabawaslu

Facebook Fanspage

©Bawaslu Kota Probolinggo 2020