1

Alwan Ola Riantobi : Pentingnya Peran Millenial Dalam Pilkada Dimasa Pandemi

probolinggokota.bawaslu.go.id – Alwan Ola Riantobi Koornas JPPR (Jaringan Pendidikan Pemilih Rakyat)  menyatakan bahwa di era digital ini peran millenial sangat tinggi juga mempunyai kepedulian lebih terhadap Demokrasi dan politik di negeri ini, hal ini dia sampaikan dalam  acara Tadarus Pengawasan pada  Senin (4/5/2020) Via Daring. mengikuti secara Daring Bawaslu Kota Probolinggo Kordiv Pengawasan dan satu orang Staff.

Menurutnya di tengah mewabahnya pandemi ini penggunaan  tekhnologi sangatlah dibutuhkan, dimana kebanyakan besar penggunaan teknologi di kuasai oleh kaum Millenial. Maka sudah tepat kegiatan yang sifatnya Daring di ikuti oleh orang yang melek akan teknologi, keterlibatan anak muda untuk berdemokrasi dan berpolitik sesuai dengan persentase penguasaan teknologi yang di dominasi oleh anak muda.

“Milenial sangat dekat dengan era digital, mempunyai kepedulian politik, maka keterlibatan  milenial menjadi penting. Generasi milenial atau biasa disebut generasi Y adalah mereka yang lahir diatas tahun 1980-an. Mereka yang terdengar sering dikaitkan dengan generasi teknologi. Jumlahnya sekitar 70-80 juta pemilih dari 193 juta pemilih atau 35%-40%. Generasi ini aktif dalam medsos, literasi digital sangat tinggi tapi literasi bukunya rendah dan memiliki karakter yang apolitis.” Ungkapnya.

Alwan juga menambahkan bagaimana peran millenial dalam pelaksanaan pilkada di masa pandemi ini ” Pada masa Covid-19, berdampak pada proses pelaksanaan tahapan pilkada 2020. Memberikan sebuah kesadaran akan diskursus proses demokrasi dalam hal ini tahapan pilkada harus sudah mulai bertransformasi pilkada yang konvensional menuju pilkada yang berbasis digital.”

Lantas bagaiamana era konvensional menuju era digitalisasi ? dalam kesempatan terahir ia menyebut hal itu bisa terealisasi dimulai dari tahapan verifikasi pencalonan, pendataan pemilihm kampanye, dan pemungutan dan penghitungan suara secara E-voting. Proses transformasi akan menjadikan pilkada kita akan lebih hemat secara biaya dan sebagai bentuk mitigasi dalam kegalauan di masa pandemic ini. ( Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Alamat Surat

Alamat

Jl. Ahmad Yani No.35, Kel. Sukabumi, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur 67219.

Instagram

BAWASLU KOTA PROBOLINGGO

Selengkapnya

BAWASLU KOTA PROBOLINGGO

Selengkapnya

BAWASLU KOTA PROBOLINGGO

Selengkapnya

Email

085218102626

Telepon/Hp (WhatsApp)

bawaslukotaprobolinggo@gmail.com

Twitter

probolinggokotabawaslu

Facebook Fanspage

©Bawaslu Kota Probolinggo 2020